Pertanyaan yang Bisa Ditanyakan di Tanya Dokter Kandungan


Dokter kandungan adalah dokter yang spesialis dalam mendalami tentang ilmu kesehatan sistem reproduksi wanita. Dokter ini juga disebut sebagai ginekologi dan obstetri yang berperan untuk membantu kehamilan, perawatan hingga membantu persalinan. Tentu untuk melakukan tanya dokter kandungan dapat dilakukan melalui aplikasi Halodoc sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir jika merasakan gejala yang ingin dikonsultasikan.

Untuk memilih dokter kandungan maka cari referensi dari teman, kerabat atau dokter umum dan pastikan lebih memilih dokter yang nyaman. Perhatikan juga riwayat kesehatan sehingga dapat memilih dokter dengan keahlian untuk menangani penyakit kronis yang dimiliki. Cermati juga sudut pandang serta keputusan yang telah diambil oleh dokter sehingga ibu hamil akan tenang dan mendapat banyak dukungan.

Berikut adalah pertanyaan yang ditanyakan pada dokter kandungan di kunjungan pertama diantaranya:

  • Menanyakan hasil check up pada hari pertama awal pertama melakukan kontrol dengan dokter kandungan, dengan cara mengecek ukuran lengan maupun tekanan darah yang dapat dilakukan di rumah sakit dan puskesmas.
  • Dokter akan menanyakan terakhir kali mengalami menstruasi dan menghitung usia kandungan dalam hitungan minggu dan dapat mengukurkan ukuran janin sesuai perkiraan berapa lama kehamilan.
  • Terkadang dokter akan menyarankan tes prenatal screening namun biasanya disesuaikan dengan riwayat kesehatan dan umur ibu hamil.
  • Tanyakan dokter berat badan ideal seorang ibu hamil, supaya ibu tidak mengalami obesitas yang dapat mengancam kesehatan janin.
  • Tanyakan keadaan lingkungan saat ini seperti penggunaan pembersih rumah dengan bahan kimia, adanya hewan peliharaan dan jika perlu bawakan alat kosmetik yang selama ini digunakan maupun obat-obatan untuk menentukan baik tidaknya kandungannya untuk ibu hamil dan janin.

Selain itu, ketika melakukan konsultasi dengan dokter kandungan maka tanyakan aktifitas fisik atau jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Sebagai ibu hamil jangan menganggap rasa aneh pada diri seperti pola tidur yang tidak teratur, mood swing, cemas, stres dan lainnya pada masa kehamilan sehingga dokter akan menyarankan kebutuhan untuk ibu hamil. Dapat juga menanyakan apakah hubungan suami istri dapat dilakukan selama kehamilan dan supaya tidak mengganggu janin. Selain itu pertimbangkan untuk menanyakan suplemen vitamin dan obat yang selama ini dikonsumsi dan obat sesuai resep dari dokter.

Berikut adalah pertanyaan umum yang perlu ditanyakan pada dokter kandungan:

  • Tanyakan berat janin yang diukur setelah berusia 12 minggu dan biasanya melakukan pemeriksaan USG dan mengukur panjang organ yang menggunakan rumus dan menentukan janin berkembang atau tidak.
  • Detak jantung janin akan terlihat ketika memasuki usia 6 minggu melalui USG transvaginal dan USG perut dilakukan pada usia 7 hingga 8 minggu, frekuensi detak jantung normal 120 hingga 160 kali dalam semenit dan meningkat ketika memasuki 10 minggu.
  • Dapat bertanya tentang ada tidaknya kelainan pada kehamilan yang dinilai dari penyakit ibu seperti asma, kelainan maupun tekanan darah tinggi yang 80 hingga 0 persen berjalan baik.

Tanya dokter kandungan mengenai cara melahirkan yang normal dengan mempertimbangkan kondisi pinggul normal, tidak ada larangan pada kondisi dan tidak terdapat kelainan pada jalan lahir. Untuk syarat lahir normal janin adalah tidak memiliki kelainan. Setelah itu, memasuki 11 hingga 12 minggu maka dapat mendeteksi kelamin anak dan melakukan pemeriksaan standar terkait gula darah, urinalis, hemoglobin, dan disarankan untuk tetap melakukan pemeriksaan HIV, hepatitis B dan C.
Pertanyaan yang Bisa Ditanyakan di Tanya Dokter Kandungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shofiyah
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Pertanyaan yang Bisa Ditanyakan di Tanya Dokter Kandungan"

Posting Komentar